Pendampingan Tata Kelola / Pembukuan Keuangan pada UMKM Bandeng Cabut Duri di Kelurahan Karanganyar Gunung Semarang

Andi Kurniawati dan Mis Widya Andelina (Akademi Akuntansi Effendi Harahap Semarang)

Abstract


Berangkat dari fenomena masih rendahnya diversifikasi pengolahan Bandeng, maka pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pengarahan, pengetahuan mengenai nilai gizi Bandeng serta memberikan keterampilan dalam melakukan pengolahan Bandeng Tanpa Duri sebagai alternatif upaya peningkatan pendapatan keluarga. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan mengenai kandungan nilai gizi Bandeng serta bertambahnya keterampilan peserta dalam melakukan diversifikasi pengolahan Bandeng khususnya Bandeng Tanpa Duri serta memberikan nilai tambah untuk peningkatan pendapatan keluarga. Metode Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan acara Sosialisasi, Pengarahan pembuatan Laporan Keuangan dan Praktek Langsung cara pengolahan Bandeng Cabut Duri. Kegiatan ini di mulai dengan melakukan survei lapangan untuk tahap penyusunan rencana kerja serta pembagian tugas. Survei yang dilakukan oleh tim pengabdian bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang ada serta mencarikan solusinya. Hasil dari pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini luaran yang diperoleh adalah “Bandeng Cabut Duri: Alternatif Usaha Penguatan Pendapatan Keluarga”..

Keywords :    pendapatan keluarga, laporan keuangan


References


Belkouli, Ahmad Riahi. 2001. Teori Akuntansi. Terjemahan Marwata et. al. Salemba Empat.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2009. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku Satu. Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Efferin, et al. 2004. Metode Penelitian Untuk Akuntansi. Banyumedia Publishing. Malang

Afrianto E, Evi L. 2011. Pengawetan Dan Pengolahan Ikan. Yogyakarta (ID): Kanisius.

Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan. 2004. Ikan bandeng dan Produk Diversifikasinya. Jakarta (ID): Departemen Kelautan dan Perikanan.

Bank Indonesia. 2008. Pola Pembiayaan Usaha Kecil bandeng Tanpa Duri. Tim Penelitian dan Pengembangan Perkreditan & UMKM. Jakarta (ID).

Vatria B. 2010. Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos chanos) Tanpa Duri. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa. Januari 2010: 1823.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal DIANMAS
ISSN 2089-9602
Alamat Redaksi :
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang
Telp. 024-7473417
E-mail : ruslysmg@yahoo.co.id