Penerapan Teknologi Pengecoran Dapur Listrik Crusible Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Produk Pada UKM Komponen Kapal Desa Kebasen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal

Ampala Khoryanton, Sunarto Sunarto, Sunarto Sunarto, Ignatius Gunawan Widodo, Ignatius Gunawan Widodo, Sri Harmanto, Gutomo Gutomo, Agus Pramono

Abstract


Proses pengecoran aluminium pada UKM komponen kapal di desa Kebasen Kecamatan Talang kabupaten Tegal masih menggunakan dapur pengecoran berupa kowi yang dibakar langsung secara terbuka sehingga banyak energy panas yang terbuang, proses penuangan hasil coran secara manual sehingga dampak radiasi panas dari logam cair langsung terkena operator. Pekerja belum mengetahui pentingnya K3 pada proses pengecoran. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk menerapkan teknologi pengecoran menggunakan dapur listrik crusible guna meningkatkan produktivitas dan kualitas produk pada ukm komponen kapal desa Kebasen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan adalah pembuatan dapur crusible untuk di terapkan dalam proses pengecoran aluminium, pelatihan dan pendampingan dalam pengoperasian serta memberikan pemahaman pentingnya K3 dalam pengoperasian nya. Melalui kegiatan ini hasil yang dicapai adalah penerapan teknologi pengecoran dapur crusible mampu meningkatkan produktifitas dari 10 kg perhari menjadi 50 kg perhari dan peningkatan kualitas produk hasil pengecorandengan indikator cacat produk porositas hasil pengecoran berkurang dari 40% menjadi 2%. Kompetensi dan pengetahuan K3 operator proses mengecoran meningkat  dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyakarat ini.


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, I., Girawan, B. A., & Nurrohman, S. (2018). Rancang bangun dapur crucible tipe penuangan tungkik kapasitas 15 kg dengan bahan bakar gas lpg. JURNAL INFOTEKMESIN, 9(1).

Istana, B., & Lukman, J. (2016). Rancang Bangun dan Pengujian Tungku Peleburan Aluminium Berbahan Bakar Minyak Bekas. Jurnal Surya Teknika, 2(04), 10-14.

Yusuf, M., & Faisal, F. (2016). Rancang Bangun Dapur Peleburan Logam Non Fero Berbahan Bakar Gas sebagai Sarana Pembelajaran di Laboratorium Teknik Manufaktur. Prosiding Semnastek.

Ritonga, D. A. A. (2016). Rancang Bangun Dapur Lebur Aluminium Kapasitas 20 Kg Skala Laboratorium. Jurnal Inotera, 1(1), 5-9.

Rahangmetan, K. A., Bako, R. M., & Wullur, C. W. (2019). ANALISIS BAHAN ISOLATOR DINDING TUNGKU CRUCIBLE PELEBURAN ALUMINIUM KAPASITAS 6 KG. MUSTEK ANIM HA, 8(03), 193-198.

SAPUTRA, A. S. (2021). RANCANG BANGUN TUNGKU PELEBURAN ALUMUNIUM (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal DIANMAS
ISSN 2089-9602
Alamat Redaksi :
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang
Telp. 024-7473417
E-mail : ruslysmg@yahoo.co.id