IbM Posyandu Menuju Lansia Sehat Dan Mandiri

Ida Untari, Wijayanti, Dewi Pertiwi Dyah Kusudaryati, Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta

Abstract


Posyandu lansia merupakan wujud peran serta masyarakat dalam kemandirian melaksanakan kegiatan dalam bidang kesehatan yang ditujukan kepada lanjut usia. Kegiatan dilaksanakan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Permasalahan di Posyandu Mawaddah dan Ngudi Waras berupa belum ada panduan penyelenggaraan posyandu, kurangnya reward bagi kader yang menjanjikan dari segi ekonomi, belum ada buku resep menu sehat lansia, maupun buku spiritual bagi lansia. Tujuan dari pengabdian adalah 1) Pelatihan bagi kader baru dan kader lama, 2) Penyusunan buku pegangan kader, 3) Penyusunan buku tuntunan ibadah praktis, 4) Penyusunan buku menu makanan untuk lansia. Hasil yang didapatkan adalah pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan sehingga muncul kader baru. Pendampingan pada masing-masing lokasi sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam menyelenggarakan posyandu tanpa tergantung petugas kesehatan. Terwujudnya buku kader sebagai pedoman penyelenggaraan posyandu,  buku tuntunan ibadah praktis dan buku menu makanan untuk lansia. Evaluasi ketersediaan buku dinyatakan oleh kader cukup efektif dalam menyelenggarakan posyandu lansia.

Kata Kunci :        Pelatihan, Buku Kader, Buku Praktis Ibadah, Buku Menu makanan lansia, Posyandu Lansia.

References


(1) Arisman. 2004. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC

(2) Attard, Angela, et all. 2010. Student Centred Learning, Toolkit for students Staffs, and Higher Education Institution. Education International and the European Student Union, Brussel, Belgia.

(3) Azwar, 2006. Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan. Depkes: Jawa Timur

(4) Effendy, N. 2009, Dasar-dasar Keperawatan Komunitas. Jakarta: Egc

(5) Kelurahan Semanggi. 2014. Profil Kelurahan Semanggi

(6) Laporan posyandu lansia Mawaddah, 2014

(7) Laporan posyandu lansia Ngudi Waras. 2014

(8) Linden, E., Wibowo, Y.I., Setiawan, E., 2008, Serba Serbi Gangguan Kesehatan Pada Lanjut Usia, Universitas Surabaya : PIOLK press.

(9) Mujahidullah. 2012. Keperawatan Geriatrik. Merawat Lanjut Usia dengan Cinta dan Kasih Sayang. Yogjakarta: Pusaka Belajar

(10) Munandar. 2015. Manajemen Pelayanan Posyandu Di Wilayah Rnkerja Puskesmas Montasikr kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh. Uniersity, Office of Research and Publication.

(11) Pramudyo, C.D. 2007. Cara Pinter Jadi Trainer. Jakarta: Buku kita

(12) Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Depkes RI. 2010. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Litbangkes

(13) Sastradipoera, K. 2006. Strategi Manajemen Bisnis Perbankan. Bandung : Kappa-Sigma

(14) Simamora, H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ketiga. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta

(15) Sumiati. Suriah. Ramdan, I.M. 2012. Pemanfaatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Wonorejo Samarinda Tahun 2012. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/71bfc0935f0775fedf3ae8765cdb2693.pdf Diakses tanggal 8 Juni 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal DIANMAS
ISSN 2089-9602
Alamat Redaksi :
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang
Telp. 024-7473417
E-mail : ruslysmg@yahoo.co.id