Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Pada Kelompok Ikan Di Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri

Wiwit Rahayu dan Wara Pratitis Sabar Suprayogi, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract


Usaha budidaya ikan yang dilakukan oleh kelompok ikan Pemuda Mandiri dan Mina Jati di Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri mempunyai prospek untuk dikembangkan karena permintaan ikan cenderung meningkat.  Di sisi lain terdapat kendala dalam upaya pengembangan usaha yang dilakukan oleh kelompok ikan yaitu manajemen usaha, manajemen kelompok, dan strategi pengembangan   belum dilakukan dengan baik.  Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan pelatihan manajemen usaha dan manajemen kelompok serta perumusan alternatif strategi pengembangan usaha budidaya ikan.  Dengan pelatihan manajemen usaha dan manajemen kelompok, pengurus dan anggota kelompok memiliki pengetahuan dan motivasi untuk memperbaiki kinerja usaha dan kinerja kelompok dalam rangka mengembangkan usaha budidaya ikan yang dilakukan oleh kelompok ikan. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa berdasarkan faktor-faktor strategis berupa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman , didapatkan enam alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan usaha budidaya ikan pada kelompok ikan Pemuda Mandiri dan Mina Jati yaitu peningkatan produksi melalui  budidaya  ikan secara intensif, peningkatan manajemen usaha budidaya ikan, peningkatan permodalan kelompok ikan, pembuatan pakan alternatif secara berkelanjutan, penggunaan benih ikan berkualitas, dan peningkatan kinerja kelompok ikan.

Kata Kunci :        budidaya ikan, kelompok ikan, strategi pengembangan, analisis SWOT.

References


(1) Kementrian Kelautan dan Perikanan. (2013). Kelautan dan Perikanan Dalam Angka 2013. http://statistik.kkp.go.id/.

(2) Kementerian Kelautan dan Perikanan republic Indonesia, (2016), Konsumsi Ikan Naik dalam 5 Tahun Terakhir. http://kkp.go.id

(3) Kurniawan, P.S., (2016), Potensi Usaha Budidaya Ikan Air Tawar. http://alamtani.com/ikan-air-tawar.html

(4) Rahayu, W. dan Suprayogi, W.P.S. 2016. IbM Efisiensi Biaya Produksi pada Kelompok Ikan di Jatisrono Wonogiri. Laporan Akhir IbM. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pangan, Gizi, dan Kesehatan Masyarakat. LPPM Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

(5) Rangkuti, Freddy 2000.Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

(6) http://humas.wonogirikab.go.id/web/berita/detail/763/superadmin/profil-kecamatan-jatisrono

(7) https://tanilele.wordpress.com/2011/04/29/masalah-dalam-budidaya-lele/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal DIANMAS
ISSN 2089-9602
Alamat Redaksi :
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang
Telp. 024-7473417
E-mail : ruslysmg@yahoo.co.id