Peningkatan Mutu Proses Produksi dan Kemasan Kopi Bubuk Bagi Masyarakat Klaster Kopi di Desa Bansari Kecamatan Bansari Temanggung

Sam’ani, Mustika Widowati, Sartono, (Politeknik Negeri Semarang)

Abstract


Kabupaten Temanggung merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Jawa Tengah yakni menyumbang 40% produksi kopi Jawa Tengah. Kopi merupakan komoditas unggulan perkebunan kedua setelah tembakau. Salah satu desa yang mengembangkan kopi adalah Desa Bansari. Masyarakat Bansari secara  berkelompok juga melakukan pengolahan kopi dan bergabung dalam suatu klaster kopi. Salah satu kelompoknya dalah Kelompok Tunas Muda. Dalam proses produksi, mitra (kelompok Tunas Muda) menghadapi permasalahan yaitu: 1) Proses produksi yang tidak efisien, alat produksi manual sehingga tidak hemat energi dan waktu, serta hasilnya bubuk yang kasar; 2) Keterbatasan pengetahuan mengenai teknik dan jenis pengemasan kopi bubuk ; 3) Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan mengenai Good manufacturing practice (GMP) untuk produk kopi bubuk.  Metode yang dilaksanakan adalah pendidikan, penyuluhan, pelatihan, pendampingan dan pemantauan.  Kegiatan untuk perbaikan proses, yakni penyediaan mesin kupas kopi basah (pulper),  Pelatihan tentang pengemasan, pemasaran ofline dan online, Pelatihan Good Manufacturing Practices (GMP) produk makanan dan pelatihan prosedur perijinan produk UKM dan sertifikasi halal. Kesimpulan : Kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar, mitra sangat antusias mengikuti kegiatan dan mesin pulper kopi sudah dimanfaatkan dan berdampak pada peningkatan produksi mitra.

Kata Kunci :        mutu, kopi, alat pulper,  pengemasan

References


Basri, F. 2005. Perekonomian Indonesia Menjelang Abad XX : Distori, Peluang dan Kendala. Jakarta : Penerbit Erlangga

BPS. 2015. Temanggung dalam Angka.

https://coffeeland.co.id/proses-pengolahan-kopi-dari-hulu-ke-hilir/

Korten, David C dan Sjahrir. 1988. Pembangunan Berdimensi Kerakyatan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Samani, et al. 2003. Studi Kelayakan pada Investasi Pengembangan Tanaman Kopi Sebagai Komoditi. Laporan Penelitian.

Samani, M. Widowati, S.S Lestari dan M. Rois. 2015. Penguatan Strategi Pengembangan Kompetensi Inti Industri Kopi Berbasis Peningkatan Daya Saing Produk Unggulan Kabupaten Temanggung (Laporan Hasil Penelitian). Politeknik Negeri Semarang.

Syah, H., Yusmanizar, Maulana, O., (2013), Karakteristik Fisik Bubuk Kopi Arabika Hasil Penggilingan Mekanis dengan Penambahan Jagung dan Beras Ketan, Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, Vol. (5), No. 1, pp. 32-37.

Yulin Masdakaty. 2019. Macam-macam pengemasan kopi. https://majalah.ottencoffee.co.id/macam-macam-pengemasan-kopi/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal DIANMAS
ISSN 2089-9602
Alamat Redaksi :
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang
Telp. 024-7473417
E-mail : ruslysmg@yahoo.co.id